Profil Lembaga

Para Santri beserta asatidz sedang berpose di depan gedung asrama tahfidz yang masih dalam proses pembangunan

Kelembagaan

Pesantren Darul Hijrah IV di bawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah Gresik. Pesantren ini merupakan salah satu dari tujuh cabang Pesantren Darul Hijrah. Di Surabaya berada di Jl. Kejawan Putih Tambak 110, Kecamatan Mulyorejo. Di Pasuruan: Desa Ketan Ireng (Taman Dayu), Kec. Prigen. Di Bangkalan di Jl. Panglima Sudirman 68 Socah. Gresik: Jl. KH Kholil No. 3 RT 02 RW II Yosowilangun, Kec. Manyar. Tuban: Jl. Dr. Wahidin SH Gg. Yudistira 24. Pamekasan: Jl. Raya Jalmak No. 120. Probolinggo: Jl. Porong No. 20, Sumber Wetan, Kec. Kedopok

Pesantren Darul Hijrah berawal dari Surabaya, berdiri pada tahun 2012. Pesantren ini merupakan salah satu program Dewan Pimpinan Wilayah Hidayatullah Jawa Timur. Jenjang pendidikan yang dikelolanya SMP dan SMA. Para santri tidak hanya mendapatkan pendidikan formal saja, tetapi juga program tahfidz.

Pesantren Darul Hijrah memiliki dua program pendidikan, yakni:

Beasiswa

Untuk program ini para santri selama mengikuti pendidikan dibiayai para donatur yang dikelola oleh amil zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Dalam menjalani masa pendidikan para santri harus masuk asrama. Mereka terdiri atas anak yatim piatu, dhuafa, dan putra kader.

Masa pendidikan selama 6 tahun (SMP dan SMA). Jika mereka putus pendidikan di tengah jalan, wajib mengembalikan dana yang mereka gunakan selama keberadaan di pesantren.

Mandiri

Para santri yang mengikuti program ini membayar secara mandiri biaya pendidikannya. Program ini mulai dibuka pada tahun 2017. Jenjang pendidikannya SMP dan SMA.

Dalam pelaksanaan pendidikannya, Pesantren Darul Hijrah IV Gresik bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Darul Islam (Daris) Gresik, khususnya untuk pendidikan formal.

Visi & Misi

%d bloggers like this: